Wednesday, November 26, 2014

Evaluasi Pengendalian Intern Terhadap Persediaan Bahan Baku Industri



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Perusahaan dikelola oleh para pekerja dan karyawan yang dimiliki oleh perusahaan. Mereka ada yang bekerja untuk berfikir merancang suatu sistem dan prosedur usaha, ada pula yang bekerja untuk proses produksi perusahaan, dan ada yang bekerja sesuai dengan bidang kerjanya seperti; sekelompok orang yang melakukan penekanan akuntansinya terhadap suatu sistem di perusahaan (melakukan tugas-tugas Internal Audit perusahaan). Oleh karena itu, beberapa nilai asset lancar perusahaan, dipergunakan untuk keberhasilan usaha.
Perusahaan sebagai tempat untuk melaksanakannya sistem dan prosedur pemrosesan produksi. Dengan ditetapkannya standar operasional prosedur pada bidang usaha, maka pengamanan terhadap beberapa nilai asset perusahaan dan yang lainya dapat terkendali dan terawasi.

Suatu sistem secara umum dapat diartikan sebagai gabungan dari berbagai elemen yang satu sama lain saling berhubungan, dan secara keseluruhan mempunyai tujuan tertentu. Maka sistem dan prosedur pencatatan, sistem dan prosedur penempatan, serta sistem dan prosedur lain yang saling berhubungan, dapat berguna bagi perusahaan dalam membantu tugas pengendalian intern di perusahaan.
Penggunaan alat komputerisasi terhadap sistem dan prosedur yang dijalankan, dan bukan hanya dengan tangan atau secara manual sistem saja, menjadi dukungan yang sangat berarti bagi tingkat kerja efektif dan efisien bagi perusahaan. Sehingga hal ini akan menjadi objektif, sistematis, dan handal dengan pelaporan usaha yang terurut.
Penerapan prinsip-prinsip akuntansi kedalam sebuah sistem dan prosedur akuntansi, merupakan hal yang penting bagi perusahaan manufaktur untuk melakukan pemeriksaan kepatuhan (compliance audit), yang dimulai melalui audit struktur perusahaan. Hal ini dilakukan guna menyelesaikan tahapan-tahapan pengendaliaan persediaan bahan baku industri diperusahaan.
Internal control diperusahaan berperan sebagai titik temu antara standar sistem dan prosedur operasional dengan sumber daya perusahaan (harta kekayaan lancar diperusahaan dan manusianya). Sehingga kebijakan-kebijakan di perusahaan merupakan hal-hal secara fungsional dan sesuai dengan sistem dan informasi perusahaan. Oleh karenanya, salah satu pengendaliaan yang dibutuhkan adalah pengendalian bahan baku industri.
Berdasarkan kapada hal-hal tersebut, penulis tertarik untuk membuat skripsi dengan judul mengenai, ” Evaluasi Pengendalian Intern Terhadap Persediaan Bahan Baku Industri PT. Bridgestone Tire Indonesia



1.1  Identifikasi Masalah
PT. Bridgestone Tire Indonesia adalah salah satu dari sekian banyak perusahaan yang ada diIndonesia, Terutama Diwilayah Bekasi. PT. Bridgestone Tire Indonesia merupakan jenis perusahaan Industri yang bergerak dibidang produk Ban. Bahkan hasil produksi yang dihasilkannya pun beragam jenisnya.
Adapun masalah yang dapat di identifikasi penulis adalah sebagai berikut:
1.       Apa saja jenis persediaan bahan baku yang ada di PT. Bridgestone Tire Indonesia?
2.       Bagaimana system dan prosedur akuntansi yang berkaitan dengan persediaan bahan baku industri PT. Bridgestone Tire Indonesia?
3.       Bagaimana Sistem pengendalian intern (Internal Control) terhadap persediaan bahan baku industri PT. Bridgestone Tire Indonesia?
4.       Bagaimana Pengendalian Intern Terhadap bahan baku PT. Bridgestone Tire Indonesia?
1.2  Perumusan Masalah
Berstandar kepada identifikasi masalah yang telah dituliskan penelitian diatas, maka penulis merumuskan masalahnya yaitu:
  1. Bagaimana system dan prosedur akuntansi yang berkaitan dengan persediaan bahan baku industri PT. Bridgestone Tire Indonesia?
  2. Bagaimana Sistem pengendalian intern (Internal Control) terhadap persediaan bahan baku industri PT. Bridgestone Tire Indonesia?
  3. Bagaimana Pengendalian Intern Terhadap bahan baku PT. Bridgestone Tire Indonesia?
1.3  Pembatasan Masalah
Untuk melakukan penelitian ini, diperlukan suatu usaha dari peneliti karena peneliti memliki kemampuan yang sangat terbatas maka penelitian hanya pada hal-hal sebagai berikut :
” Suatu Evaluasi tentang pengendalian intern Perusahaan Bridgestone, terhadap persediaan bahan baku industri, serta pada hal yang berkaitan dengan system dan prosedur akuntansinya”.
1.4  Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.4.1        Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui bagaimana penelitian ini dapat memiliki tujuan yang membantu dalam keberhasilan penelitian, maka penulis mencatat beberapa tujuan penelitian berdasarkan kepada obyektifitas rumusan masalah dibuat seperti hal-hal yang ada dibawah ini:
1.      Untuk mengetahui system dan prosedur akuntansi yang berkaitan dengan persediaan bahan baku industri PT. Bridgestone yang berjalan.
2.      Untuk mengetahui apakah terdapat pengendalian intern (Internal Control) yang baik terhadap persediaan bahan baku industri PT. Bridgestone.
3.      Untuk mengetahui apakah pengendalian intern tersebut sudah dapat berjalan dengan baik.

1.4.2        Manfaat Penelitian
1.      Bagi Peneliti
Merupakan salah satu syarat bagi penulis untuk mencapai gelar kesarjanaan di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi. Untuk selanjutnya, penulis berkeinginan kuat kedepan agar dapat membuat buku-buku penting ssebagai sarana pemberi ilmu.
2.      Bagi Perusahaan
Penulis mencoba dengan sebaik-baiknya dalam hal pemberian saran dan pemecahan atas permasalahan-permasalahan yang ada diperusahaan sesuai dengan lingkup penelitian yang dilakukan diperusahaan terkait adalah PT. Bridgestone Tire Indonesia
3.      Bagi Para Pembaca
Sehubungannya dengan yang disebutkan diatas bahwa penulis pun berharap semoga saja, tulisan ini menjadi bagian dari sarana untuk memberikan sumbangsih kedalam sumbangan pemikiran yang cukup membantu bagi berbagai pihak manapun. Terutama, bagi para mahasiswa/I yang butuh melakukan penelaahan dan pencarian kebenaran dan sebagai bahan referensi tambahan, juga kepada pihak PT. Bridgestone Tire Indonesia.

No comments:

Post a Comment